fbpx

Tren Digital Marketing 2022: Manfaatkan!

admin

5:40, 18 February 2022

Tren digital marketing memang selalu berubah dan berkembang. Namun sepertinya perkembangan tren digital marketing pada tahun 2022 ini akan signifikan. Idealnya, Anda sebagai pemilik bisnis atau brand bukan hanya merencanakan strategi digital marketing. Namun pula mengambil manfaat dari tren yang ada.

Tren Digital Marketing

| Lihat juga: #semuajadimudah menjalankan bisnis dengan aplikasi akuntansi dan kasir, gratis full fitur 30 hari!

Di dalam artikel ini, kita akan bersama mengulas beberapa tren digital marketing serta cara memanfaatkannya. Dengan kata lain mengambil keuntungan dari kemunculan tren tersebut!

Influencer berkembang terus!

Selama 2021, hasil marketing campaign yang melibatkan influencer disebut mencapai angka triliunan lho. Angka ini tidak terlalu mengagetkan, sebab influencer marketing memang dianggap sangat relevan.

Mengapa? Hal ini disebabkan karena para influencer memang mengkampanyekan dengan memberikan kesaksian atas kualitas produk tersebut. Bahkan perusahaan B2B sekalipun mengadopsi strategi ini.

Oleh sebab itu, jangan sampai bisnis Anda ketinggalan jaman dan segeralah berpartner dengan influencer yang tepat bagi target pasar. Dengan begitu, Anda akan lebih siap menghadapi persaingan 2022.

LinkedIn makin berkembang

LinkedIn terus tumbuh menjadi bintang dalam ruang digital. Dari waktu ke waktu, platform ini punya peningkatan jumlah pengguna aktif yang lumayan pesat.

Engagement di platform LinkedIn pun terus meningkat. Hal ini pula didukung dengan rilis fitur-fitur baru yang mendorong terciptanya hasil optimal bagi bisnis. Karena itu, alangkah baiknya tim marketing Anda mempertimbangkan untuk ambil peran dalam platform ini.

“Kelola toko dengan kendali penuh! Baca selengkapnya SINI

Everyday with ‘Meta’

Tren Digital Marketing

Sudah menjadi rahasia umuum bahwa perubahan nama Facebook menjadi Meta tidak semata-mata hanya soal nama. Namun Meta akan menggabungkan aplikasi dan teknologi dalam satu perusahaan, dengan fokus utama menghadirkan Metaverse.

Metaverse adalah platform yang akan membantu orang terhubung satu sama lain, menemukan komunitas hingga membangun bisnis. Metaverse pun digadang-gadang akan terasa seperti hibrida dari kehidupan sosial pada kanal online yang mungkin akan melebar ke dunia nyata.

Meta jelas bertaruh banyak. Dengan menghadirkan metaverse yang akan menjadi bentuk website masa depan. Dan tentunya, jika bisnis ingin bergerak makin maju, Anda perlu ambil bagian dalam ruang satu ini.

Pengalaman Adalah Mata Uang Berharga

Sudah sejak dulu, strategi pemasaran word of mouth terbukti efektif. Apalagi di tengah iklan yang dianggap bising oleh konsumen, kesaksian dari mulut ke mulut ini menjadi kian berharga. Karena ini berarti perkataan yang diucapkan adalah pengalaman langsung konsumen, dan konsumen lain akan lebih mempercayainya. Dengan begitu, kesaksian akan mendorong angka konversi penjualan yang baik. 

Oleh sebab itu, Anda perlu melibatkan konsumen dan menjadikan interaksi dengan mereka sebagai bagian strategi digital marketing. Tujuannya adalah untuk memperoleh kesaksian dari mulut ke mulut.

Anda dapat mendapatkannya dengan mendorong pelanggan membuat review/ulasan online. Berikan reward atas ulasan tersebut seperti koin atau voucher yang dapat menjadi potongan belanja. Anda juga bisa mendorong user generated content (UGC). Pada dasarnya, UGC adalah  konten yang dibuat oleh pelanggan untuk pelanggan. UGC dapat Anda dorong dengan membuat kontes atau give away.

“Baca Juga: Strategi Promosi Telemarketing.

Digital Marketing digerakkan oleh Algoritma

Setiap bagian dari digital marketing itu digerakkan oleh algoritma. Mulai dari newsfeed media sosial, SEO, display ad bahkan email sekalipun. Yang perlu kita pahami adalah, algoritma berdasar pada customer experience. Jadi bisnis Anda perlu menampilkan konten-konten yang dibutuhkan atau diinginkan pasar, jika ingin sering tampil di dunia maya.

Tren Digital Marketing

OTOMATIS buat laporan keuangan menggunakan Paccounting by Panemu. Cobain deh, GRATIS!

Demikian beberapa ulasan tentang tren digital marketing 2022. Kira-kira Anda akan mulai dari mana? Oh iya, perlu diingat bahwa fokuslah pada beberapa kanal saja untuk memperoleh hasil yang signifikan. Utamakan kualitas daripada kuantitas. Semangat Bosquee…..

Bicara soal reward, karena Anda telah membaca artikel ini, selain menambah pengetahuan, Anda juga mendapatkan diskon 40% untuk berlangganan FULL FITUR Paccounting.