fbpx

Kelola Stok Barang dengan Cara Ini!

admin

9:23, 02 February 2022

Kelola stok barang atau manajemen stok pada gudang, gimana sih? Jawaban pastinya adalah gunakan aplikasi persediaan seperti aplikasi manajemen stok barang Paccounting by Panemu. Emangnya seperti apa sihh?? Yuk kita ulas disini!

Kelola stok barang di toko atau gudang memang tantangan besar bagi pelaku bisnis. Apalagi bila bisnis anda memiliki banyak cabang dan tidak menggunakan aplikasi manajemen stok barang.

Kok bisa?? Hal ini karena sulitnya mengontrol barang yang ada di cabang, apalagi kalau cabangnya lebih dari satu. Belum lagi bila Anda berbisnis retail, yang mempunyai item yang ribuan, hal ini akan sangat memusingkan.


Tahukah Anda? Paccounting by Panemu bisa memudahkan mengelola keuangan perusahaan secara lebih mudah dan akurat, termasuk untuk kelola stok barang usaha Anda. Buktikan sendiri dengan mencoba gratis fitur penuh dari aplikasi Paccounting.

Kelola Stok Barang

Berikut adalah cara kelola stok barang pada bisnis Anda!

Gudang merupakan fasilitas yang dirancang untuk membantu mencapai target tingkat pelayanan yang baik. Tentunya, dengan total biaya yang rendah. Gudang juga menjadi sebuah sistem dari sebuah bisnis yang berfungsi untuk menyimpan produk dan menyediakan informasi mengenai status barang.

“Kendali penuh ketersediaan stok barang di tangan Anda! Kelola dengan fitur kelola persediaan Paccounting!”

Kelola Stok menerapkan istilah manajemen persediaan, atau juga dapat disebut dengan manajemen gudang apabila lokasi penyimpanan lebih dari satu tempat. Tujuannya adalah agar stok yang tersimpan tetap tersedia dalam keadaan baik saat didistribusikan kepada pelanggan ataupun toko cabang pada waktu dan jumlah yang tepat.

Karena penyimpanan berkaitan langsung dengan penjualan, manajemen kelola stok sangat penting untuk kelangsungan bisnis Anda. Di mana, saat stok barang di gudang tidak sesuai dengan penjualan, berdampak pada kerugian. Entah karena penjualan gagal atau sebaliknya, stok barang tersedia terlalu banyak.

Berikut ada beberapa cara kelola stok barang secara sederhana agar bisnis Anda dapat berlangsung dengan baik.

Persiapkan Data Stok Barang yang Akurat

Tugaskan individu secara khusus, yang bertanggung jawab melakukan pencatatan dalam persiapan data. Individu tersebut harus mencatat seakurat mungkin. Seperti input stok masuk dan keluar, yang dapat dibantu dengan program pendukung. Program pendukung dapat berupa aplikasi stok barang Paccounting, agar proses pencatatan lebih akurat.

Tujuanmya adalah agar Anda mengetahui terlebih dahulu data dari periode sebelumnya. Hal ini akan dibutuhkan untuk menentukan target pemasaran hingga ramalan penjualan pada periode saat ini. Beberapa distributor atau produsen terkadang juga menggunakan sistem pre order dan data pesanan yang masuk sebagai landasan menentukan angka persediaan.

Guna mengembangkan distribusi stok yang baik, Anda juga harus berdiskusi lebih dalam dengan tim pemasaran. Terutama ketika ingin menentukan angka persediaa stok barang Anda.

Baca Juga: Manfaat Laporan Laba Rugi yang Perlu Anda Ketahui!

Membuat Forecast atau Ramalan Stok

Setelah mengumpulkan data masuk keluar stok barang, langkah selanjutnya adalah membuat ramalan atau forecast persediaan stok barang. Yaitu berupa jumlah persediaan yang akan dibutuhkan pada periode ini.

Hal ini bukan tahap yang mudah, bila Anda memiliki penjualan dengan jenis produk yang bermacam-macam. Selain itu, ini akan menjadi sulit karena perlu menentukan jumlah per item.

Pengecekan sebelum Menyimpan Barang

Pastikan bahwa Anda selalu cek barang sebelum menyimpannya. Pengecekan ini bisa dilakukan sebelum input, untuk mengetahui ada atau tidaknya barang yang akan dicatat.

Selain itu, cek barang akan membantu mengetahui kecacatan, salah produksi dan kesalahan lain sebelum menyimpannya. Terkait dengan stok barang cacat, Anda bisa mengumpulkannya dalam satu tempat dan beri catatan kecil mengenai keterangan cacatnya.

Beri Kode di Pencatatan Stok Barang

Nama barang dengan kode akan sangat membantu saat penjualan. Sebagai contoh, jika pelanggan yang membeli kaos dengan kode HT berwarna hijau tua. Maka sebagai penjual Anda akan langsung paham dengan apa yang dipesan pelanggan.

Bayangkan jika barang tersebut tidak memiliki kode, pasti Anda akan lebih sulit mencarinya. Selain itu, pelayanan jadi lebih lama, dan citra bisnis Anda akan berkurang di mata pelanggan.

Selain itu, kode juga akan membantu saat menata barang di gudang.

Baca Juga: Kelola Persediaan: Miss terus ketika stock opname.

Pisahkan Stok Baru dan Stok Barang Lama

Bila stok barang lama dengan stok baru dicampur, akan membuat bingung ketika mencatat. Selain itu, saat pengecekan dan penjualan pun juga akan sangat susah. Sehingga rawan stok lama malah dijual belakangan.

Ketika ada kedua barang ini, baiknya memisahkan kotak atau rak penyimpanannya. Atau minimal, diberi label tanggal masuk barang. Gunakan aplikasi stok untuk mempermudah ini.

Kelima cara di atas, dapat Anda terapkan dengan mudah untuk kelola stok barang. Pastikan juga Anda menggunakan sistem pencatatan stok barang yang sesuai dengan segala jenis bisnis.

Kelola Stok Barang menggunakan Aplikasi Stok Barang Paccounting by Panemu!

Sistem yang baik akan menjadi aset bisnis karena dapat mengamankan stok barang dan naikin cuan. Paccounting adalah aplikasi manajemen stok barang yang cocok untuk membantu Anda agar mudah memanage stok.

Tunggu apalagi? Miliki Paccounting sekarang juga, urusan kelola stok barang jauh lebih mudah!

Jangan lupa share info ini, biar pelaku UMKM di sekitar Anda ikut berkembang.

Kelola Stok Barang