fbpx

Bisnis Naik Kelas Saat Makin Ramai

admin

10:02, 07 March 2022

Bisnis naik kelas merupakan keinginan dari setiap pemilik. Hal ini dikarenakan keinginan pengusaha akan bisnisnya memiliki kemajuan. Namun, ternyata tidak semua pemilik bisnis tahu, kapan saat yang tepat untuk bisnisnya naik kelas.

Beberapa pemilik sudah tahu kapan saat yang tepat, namun kesulitan mendapatkan modal tambahan. Padahal, peluang sudah makin besar, lalu harus bagaimana?

Lihat juga: UMKM BEBAS PAJAK! UU HPP : Kalau Punya Omset Segini

Pertama tama, pastikan bahwa bisnis sudah stabil. Setidaknya angka pemasukan dan cuan-nya berada di titik stabil atau sedikit demi sedikit selalu mengalami kenaikan. Kalau kondisinya seperti ini, maka selamat! Bisnis Anda sudah siap naik kelas alias scale up. Namun jangan gegabah, karena scale up bisnis tidak melulu tentang mendapatkan pemasukan lebih, karena biasanya operasional bisnis juga akan bertambah.

Hambatannya ada pada pembengkakan operasional bisnis, dimana tidak semua pemilik bisnis punya dana modal yang lebih. Sebagai pemilik bisnis, jangan jadikan ini hambatan, karena saat ini sudah banyak fasilitas pendanaan bisnis yang bisa dipilih.

Bisnis Naik Kelas

Tantangan Naik Kelas untuk Bisnis Anda

Melakukan scale up bisnis walaupun bisa membuat perusahaan menjadi lebih baik, juga dapat mengganggu dan menghancurkan bisnis. Hal ini dapat terjadi bila tidak dilakukan dengan benar. Berikut kami bagikan tantangan yang biasa dihadapi bisnis yang akan naik kelas.

  • Bekerja sama dengan orang yang salah

    Menarik investor untuk menyuntik dana dalam bisnis kita bisa menjadi salah satu pilihan untuk menambah modal yang terbatas. Namun, seorang founder umumnya salah memilih orang untuk investor bisa bisa membuat perusahaan menjadi hilang arah. Begitu juga dalam pemilihan supplier, staf, dan tim internal lain. Ingat bahwa mereka berdampak langsung terhadap bisnis Anda. Lakukan perekrutan kepada orang-orang yang berpengalaman dalam scale up, dan tetap mempertimbangkan kesesuaiannya dengan budaya perusahaan Anda.
  • Terlibat perang harga

    Saat meningkatkan kelas bisnis, Anda biasanya akan berpikir produksi atau stok dapat ditingkatkan. Dengan kondisi itu lalu sangat memungkinkan untuk memotong harga dengan tetap mendapat keuntungan. Meski kadang strategi ini dapat berhasil, namun bersaing harga dengan kompetitor lebih sering merugikan. Baik dalam hal keuntungan maupun kualitas. Lebih baik bersaing dalam kualitas hingga layanan pelanggan daripada berlomba untuk jadi yang termurah.
  • Hanya fokus pada penjualan sesaat, bukan permintaan jangka panjang

    Banyak founder yang hanya memikirkan peningkatan penjualan dan pemasaran saat scale up bisnis. Namun hal ini merupakan taktik jangka pendek. Sebaiknya jangan terlupa bahwa membangun komunitas pelanggan yang setia serta memikirkan permintaan jangka panjangnya itu sangat penting agar bisnis dapat naik dan bertahan.

|OTOMATIS buat laporan keuangan menggunakan Paccounting by Panemu. Cobain deh, GRATIS!

  • Struktur manajemen tidak diubah

    Bisnis yang naik kelas tentunya akan membawa perubahan besar terhadap jumlah tim Anda. Bila struktur manajemen yang sebelumnya berhasil dengan jumlah tim yang hanya 30 orang. Belum tentu berhasil ketika jumlah tim menjadi 150 orang. Jadi, Anda harus siap menyesuaikan struktur kepemimpinan dan manajemen seiring meningkatnya skala bisnis.
  • Pemangkasan tidak dilakukan

    Seiring bertumbuhnya bisnis, hal yang sering tidak disadari adalah adanya hal hal yang sudah tidak lagi berfungsi. Misalnya departemen yang tidak lagi dibutuhkan, staf yang tidak cocok lagi kemampuannya dan lain lain. Memangkas hal hal ini juga penting agar perusahaan berkembang dengan efektif.
  • Mengabaikan masalah yang muncul

    Proses menaikkan skala bisnis membuat hampir semua orang keluar dari zona nyaman. Beberapa masalah seperti tenaga kerja, kepribadian, produk lain yang bermunculan, keluar masuknya karyawan dan lain lain. Sebagai pemilik bisnis, kita jangan sampai selalu merasa baik-baik saja. Karena masalah meski kecil ataupun besar, akan menimbulkan kerusakan jangka panjang.

Tips Bisnis Naik Kelas

Bisnis Naik Kelas

Menaikkan skala bisnis membutuhkan strategi yang berbeda bila dibandingkan saat memulai bisnis. Selain tahap yang memiliki tantangan besar, fase scale up bisnis terjadi secara cepat dan signifikan. Jangan sampai salah langkah, berikut kami bagikan sedikit tipsnya.

  • Pastikan bisnis sudah siap

    Seperti disebutkan sebelumnya, pastikan bisnis anda settle. Lalu pikirkan dengan matang dampak scale up pada perusahaan Anda, karena kelemahan akan mulai terbuka di berbagai aspek.
  • Identifikasi Hambatan

    Buat daftar masalah yang mungkin dihadapi dengan pendekatan yang realistis. Mengidentifikasi masalah akan membantu Anda mempersiapkan solusi menghadapinya bila hambatan itu terjadi.
  • Fokus pada tujuan jangka panjang, bukan sekarang

    Buat keputusan dengan membayangkan akan seperti apa perusahaan Anda beberapa tahun ke depan. Jangan terlena dengan keadaan bisnis saat ini. Bentuk visi yang kuat dan strategi yang mumpuni untuk mencapainya.
  • Lindungi Value Bisnis

    Perubahan drastis pasti terjadi saat bisnis anda naik kelas. Value perusahaan harus tetap terjaga, jangan sampai goyah akibat berbagai perubahaan yang terjadi karena peningkatan skala bisnis.
  • Kembangkan tim dengan efektif

    Meningkatkan skala bisnis tentunya membuat Anda membutuhkan tim yang lebih banyak. Jangan lupa untuk mempertahankan kualitas dan konsistensi dari value bisnis Anda. Ciptakan budaya untuk terus berkarya, dan semua tim harus terlibat, termotivasi dan dihargai dalam setiap prosesnya.

  • Minta bantuan

    Merekrut staf ahli tidak selalu menjadi solusi tepat. Ada kalanya melakukan kerjasama dengan perusahaan lain untuk pendelegasian pekerjaan juga lebih efektif. 
  • Pelajari Kompetitor

    Cari tahu alasan dan strategi kesuksesan kompetitor Anda dalam mengembangkan bisnisnya. Dapatkan info seperti tenaga kerja yang dibutuhkan, sistem dan produk yang dikembangkan dll. Pahami mereka, cari kekurangannya dan perbaiki.
  • Pertahankan kualitas dan konsistensi

    Mengembangkan bisnis tanpa mempertahankan kualitas produk dan layanan sama saja menyerahkan customer kepada kompetitor. Terapkan aturan yang sesuai agar karyawan memiliki budaya yang tepat agar kualitas selalu terjaga. Kesalahan memanglah wajar, namun belajar dan jangan sampai terulang.
  • Gunakan Software ERP

    Bila sistem yang Anda gunakan awalnya hanya software Akuntansi dan pengelolan stok. Mungkin ini saatnya Anda mengembangkan sistem operasional bisnis ke software ERP. Karena jumlah karyawan Anda bertambah, alur distribusi barang juga meningkat, dan vendor serta supplier Anda menjadi banyak dan perlu validasi misalnya. Dengan Software ERP, semua departemen akan terintegrasi otomatis, dan operasional jadi lebih efisien serta hemat biaya. Untuk info lebih lanjut tentang software ERP, Anda dapat menghubungi kami sekarang.

Gunakan software pembukuan dan kasir yang tepat untuk scale up bisnis lebih cepat!

Tentunya faktor penentu bisnis start up untuk dapat dinilai sebagai bisnis yang siap naik kelas adalah dari laporan keuangan. Sebagai salah satu software akuntansi dengan fitur pembukuan dan kasir yang lengkap, Paccounting by Panemu siap membantu meningkatkan kinerja bisnis Anda. Semua urusan laporan keuangan dan penjualan serba otomatis dan efisien. Dengan begitu, scale bisnis akan terbantu dengan sendirinya. Bergabung dengan Paccounting sekarang untuk bisnis yang ingin naik kelas.

Bisnis Naik Kelas